Thursday 23 July 2015

7 Langkah Mendefinisikan Target Pasar Jualan Online

Perkembangan bisnis online dan online shop di Indonesia.

Memiliki ide dahsyat untuk jualan online merupakan satu langkah yang bagus. Namun, akan lebih baik lagi jika sang penjual telah menetapkan target pasarnya. Alasannya, setiap penjual hampir pasti tidak bisa menjual produknya ke semua orang. Perlu ada spesifikasi.

Kebingungan yang ditemukan oleh calon penjual online di awal pendirian toko online-nya bisa jadi disebabkan oleh ketidaktahuannya tentang siapa target pasar yang akan dituju. Menurut penulis buku “Nichecraft: Using Your Specialness to Focus Your Business, Corner Your Market, and Make Customers Seek You Out”, Lynda Falkenstein, semakin jelas seorang penjual mendefinisikan target pasarnya, semakin baik bagi dirinya untuk menjalankan tokoonline tersebut.
Pada dasarnya, ada dua jenis target pasar, yaitu konsumen (individual) dan bisnis. Target pasar individu berarti si penjual menyasar orang per orangan. Misalnya, toko online yang menjual baju kantor untuk wanita. Produk tersebut akan langsung dipakai oleh konsumen. Sedangkan, target pasar berjenis bisnis biasa disebut juga business to business (B2B).
Selain itu, menurut Lynda, ada tujuh langkah yang bisa dilakukan calon online seller untuk mendefinisikan siapa target pasarnya.
  1. Memuat wish list
    Di dalam sebuah wish list, calon penjual dapat menuliskan kepada siapa produk yang ia jual bisa digunakan. ‘Kepada siapa’ tersebut sebaiknya didefinisikan secara jelas. Misalnya, dengan menyertakan usia atau karakteristik hingga kebiasaan.
    Sebelum calon penjual dapat mendefinisikan target pasar secara spesifik, ia tidak bisa mengontak alias mempromosikan produk-produknya.
  2. Fokus
    Lynda menyarankan calon penjual memperjelas juga produk seperti apa yang akan ia jual. Memilih produk yang tepat dapat didukung dari pengalaman dan ketertarikan dari si calon penjual tersebut.
  3. Lihat dari sisi pelanggan
    Lynda menyarankan calon penjual untuk menjalankan platinum rule. Platinum ruleadalah saat seseorang melakukan hal yang ingin orang lain lakukan untuknya. Dengan begitu, calon penjual akan lebih mudah mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan pelanggan karena penjual melihat dari sudut pandang pelanggan. Cara yang paling mudah unuk mendapatkan insight ini adalah dengan berbicara langsung kepada mereka. Bertanyalah kepada beberapa orang yang dianggap mewakili calon pelanggan.
  4. Sintesis
    Sintesis, dalam hal ini, berarti menyatukan ide yang ada di otak calon penjual dan keinginan pelanggan. Sehingga akan menghasilkan suatu perpaduan yang baru.
    Lynda berpendapat, target pasar yang baik memiliki lima kualitas. Yakni, mengandung tujuan jangka panjang, produk diyakini dapat diterima oleh target pasar, direncanakan matang-matang, unik, dan dapat berevolusi (produknya).
  5. Evaluasi
    Evaluasi setiap progres strategi yang dilakukan. Jika memang terjadi ketidaksesuaian antara strategi promosi dan target pasarnya, bergegaslah untuk menjalankan ide baru atau back up plan-nya.
  6. Pengujian
    Ketika ide sudah terlihat tepat, cobalah untuk menguji pasar. Artinya, penjual betul-betul ‘menyodorkan’ produknya kepada pelanggan. Lihat reaksi pelanggan. Apakah berhasil atau justru tidak (produk tidak laku-laku).
  7. Go for it!
    Apapun idenya, satu-satunya cara untuk melihat apakah hal tersebut berhasil atau tidak adalah dengan mencobanya. Bagi calon penjual ini berarti mencoba jualan online tanpa ragu.


Artikel terkait: 
  1. Mau Berbisnis Hijab Syar'i Secara Online?
  2. Cara Menentukan Ide Bisnis Online
  3. 7 Langkah Mendefinisikan Target Pasar Jualan Online
  4. Peluang Bisnis Online Tanpa Modal Besar dan Bisa Dikerjakan Dari Rumah
  5. CARA CEPAT MENJUAL PRODUK SECARA ONLINE
  6. Cara Menemukan Ide Bisnis Kreatif dan Inovatif
  7. CARA MEMULAI BISNIS KERAJINAN TANGAN
  8. MAJALAH DIGITAL BISNIS UKM
  9. MEMBUKA PELUANG KERJA DARI HOBI CORAT-CORET WARNA
  10. BISNIS PLAN DESAIN KARTU UNDANGAN DAN SOUVENIR PERNIKAHAN
  11. BISNIS PLAN JASA DESAIN INTERIOR
  12. BISNIS PLAN JASA DESAIN PAKAIAN
  13. TOKO TOPI ONLINE SEMAKIN HARI KIAN LARIS
  14. 4 Penyebab Bisnis Online Anda Sulit Berkembang by LAZADS
  15. Cara Menentukan Ide Bisnis Online
  16. Peluang Bisnis di Internet Tanpa Modal 2015
  17. 7 Langkah Mendefinisikan Target Pasar Jualan Online

Artikel lainnya:

  1. Mau Berbisnis Hijab Syar'i Secara Online?
  2. Cara Menentukan Ide Bisnis Online
  3. 7 Langkah Mendefinisikan Target Pasar Jualan Online
  4. Peluang Bisnis Online Tanpa Modal Besar dan Bisa Dikerjakan Dari Rumah
  5. CARA CEPAT MENJUAL PRODUK SECARA ONLINE
  6. Cara Mendapatkan Uang Dari Internet
  7. CARA CEPAT MENJUAL PRODUK SECARA ONLINE
  8. CARA MENGHASILKAN UANG DARI BISNIS ONLINE
  9. Kunci Sukse Promosi dari Mulut ke Mulut
  10. Promosi Website Dengan Cara Online dan Offline Gratis
  11. Beberapa cara untuk meningkatkan pengunjung website anda
  12. Strategi Membuat Iklan PROMOSI Pemasaran Produk

Pusat Grosir
www.tokopf.com
Kata Kunci:
  • SEO, 
  • Ilmu SEO, 
  • Tentang SEO, 
  • Belajar SEO, 
  • Tips SEO, 
  • Optimasi Seo On Page, 
  • Pusat SEO, 
  • SEO dasar

5 INFO BISNIS: 7 Langkah Mendefinisikan Target Pasar Jualan Online Perkembangan bisnis online dan online shop di Indonesia. PUSAT GROSIR JAKET BANDUNG SUPER MURAH Memiliki ide dahsyat untuk jualan...
< >
Pusat Grosir